logo
Brand Story

Bagaimana Cara Kerja Sunscreen?!

Bagikan: image image image
Bagaimana Cara Kerja Sunscreen?!

Kerasa gak sih kalo akhir-akhir ini, udara semakin panas? Baru jalan sebentar aja, wajah dan tubuh langsung terasa lepek akibat keringat. Di tengah kondisi cuaca yang lagi gak menentu seperti sekarang ini, penting banget untuk selalu memperhatikan kesehatan kulit dengan menggunakan perlindungan kulit seperti sunscreen! 

 

Bahaya Sinar Matahari 

Paparan sinar matahari memang dapat memberikan manfaat bagi manusia, seperti membantu tubuh memproduksi Vitamin D, atau mampu meningkatkan mood dalam menjalani hari. Tapi, paparan sinar matahari yang berlebihan justru dapat berdampak sebaliknya dan malah menyebabkan bahaya bagi kesehatan, lho! 

Pertama, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kondisi kulit terbakar yang ditandai dengan kemerahan, rasa panas, dan disertai rasa nyeri pada kulit. Kondisi ini disebabkan oleh respon kulit terhadap kerusakan sel-sel kulit akibat paparan sinar matahari tersebut. 

Kedua, paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan timbulnya bintik-bintik gelap pada kulit atau biasa disebut dengan hiperpigmentasi. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memicu produksi melanin yang berlebih, sehingga mendorong timbulnya bintik-bintik gelap yang sulit dihilangkan. 

Ketiga, selain tubuh, kulit juga dapat mengalami dehidrasi akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Terutama pada cuaca panas dan lembap seperti di Indonesia, paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alaminya sehingga tampak lebih kering, kusam, dan rentan mengalami reaksi kulit lainnya. 

Keempat, risiko terbesar yang dapat dialami oleh kulit jika terpapar oleh sinar matahari yang berlebihan adalah munculnya kanker kulit. Pada dasarnya, sinar ultraviolet dari matahari dapat merusak DNA dalam sel-sel kulit yang menyebabkan terjadinya mutasi genetik hingga berkembang menjadi sel kanker. 

 

Nah, sekarang sudah sadar kan betapa bahayanya sinar matahari bagi kulit? Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menggunakan produk perlindungan kulit yaitu sunscreen! Dengan kulit yang terlindungi, kamu gak perlu takut lagi deh beraktivitas di bawah matahari! 

 

Apa Itu Sunscreen? 

Sunscreen atau tabir surya adaah produk perawatan kulit yang dirancang secara khusus untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat memberikan dampak buruk bagi kulit. Pada umumnya, sunscreen mengandung bahan kimia atau mineral yang bekerja sebajak filter UV atau memantulkan sinar UV sebelum mencapai kulit. Sebagian besar sunscreen mengandung bahan aktif yang tidak hanya melindungi kulit dari sinar matahari, tapi juga dapat merawat kulit.  

 

Bagaimana Cara Kerja Sunscreen? 

Sebelum kita ketahui cara kerja sunscreen, kita perlu tahu terlebih dahulu jenis-jenis sunscreen. Menurut Saira George, M. D., seorang dermatologis dari MD Anderson Cancer Center, terdapat dua kategori kandungan yang ada pada sunscreen, diantaranya adalah: 

1. Penghambat Fisik (Physical Blockers 

Sunscreen yang bersifat penghambat fisik ini biasanya memiliki kandungan mineral yang digiling menjadi partikel halus seperti titanium dioxide atau zinc oxide. Kandungan ini ketika berada di permukaan kulit, akan memantulkan sinar UV layaknya perisai atau cermin.  

2. Peredam Kimia (Chemical Absorbers 

Sunscreen yang bersifat peredam kimia ini mengandung karbon yang bekerja dengan cara membentuk lapisan pelindung tipis yang menyerap radiasi sinar ultraviolet sebelum menembus kulit.   

Tentunya, kedua kategori kandungan ini sama-sama bermanfaat dan memiliki kemampuan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sunscreen yang bersifat pengambat fisik biasanya tidak menimbulkan iritasi, perih, atau reaksi alergi. Tapi dapat meninggalkan bekas warna keputihan (whitecast) dan membuat kulit terasa lebih berminyak. Sedangkan sunscreen dengan kandungan peredam kimia biasanya lebih berwarna bening dan mudah diaplikasikan, namun cenderung menyebabkan iritasi dan reaksi alergi pada jenis kulit sensitif. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui kondisi dan jenis kulitmu terlebih dahulu sebelum memilih sunscreen, ya! 

 

Rekomendasi Sunscreen Untuk Jenis Kulit Kering: ERHA Perfect Shield Hydra Light Sunscreen SPF 50/PA++++ 

Jenis kulit kering dan cenderung sensitif, biasanya membutuhkan kandungan yang dapat memberikan hidrasi ekstra untuk kelembapan kulit. ERHA Perfect Shield Hydra Light Sunscreen SPF 50/PA++++ sangat direkomendasikan untuk jenis kulit ini, karena selain mampu memberikan perlindungan ganda terhadap sinar UVA & UVB serta melindungi kulit dari polusi PM 2,5. Sunscreen ini mengandung 7x Moisturizing Agents seperti Niacinamide, Sodium Hyaluronate, Amino Acids, Shea Butter, dan Vitamin E untuk memberikan kelembapan lebih bagi kulit. Serta dilengkapi dengan Antioxidant Complex yang terdiri dari Vitamin E & Grapeseed Extract yang bekerja melindungi kulit dari dalam dengan menjaga sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Dengan tekstur yang rich dan tetap ringan, setelah memakai sunscreen ini kulit wajah terasa lebih lembap dan tidak berat!  

 

Rekomendasi Sunscreen Untuk Jenis Kulit Berminyak: ERHA Perfect Shield Clearly Light Sunscreen SPF 50/PA++++ 

Sedangkan untuk jenis kulit berminyak, pasti kamu butuh sunscreen yang tidak hanya bisa melindungi kulit, tapi membantu mengontrol produksi minyak pada kulit. ERHA Perfect Shield Clearly Light Sunscreen SPF 50/PA++++ adalah pilihan yang tepat, karena sunscreen yang satu ini diperkaya dengan kandungan Bixa Orellana Extract yang bermanfaat untuk mengontrol produksi minyak berlebih. Tidak hanya melindungi kulit, sunscreen ini juga mampu merawat kulit dan menjaga kulit tetap sehat dengan kandungan 7x Moisturizing Agents & Antioxidant Complex untuk menjaga sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Sunscreen ini memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap, sehingga sangat nyaman digunakan sehari-hari. 

 

Dapatkan ERHA Perfect Shield Clearly & Hydra Light Sunscreen SPF 50/PA++++ di e-commerce, dan toko kecantikan favoritmu. Temukan info selengkapnya di halaman instagram kami @erha_perfectshield dan website kami di https://erhaskincare.co.id/about/erha-perfect-shield 

Konten Lainnya

Pumpkin Seed Extract Bisa Atasi Kerontokan Pria?
Brand Story

Pumpkin Seed Extract Bisa Atasi Kerontokan Pria?

Sudah coba berbagai produk perawatan rambut, tapi hasilnya belum terlihat? Hm.. Kamu bisa coba pakai produk yang mengandung pumpkin seed extract. Bahas yuk! 

Kulit Gatal dan Kemerahan? Gunakan Ini!
Brand Story

Kulit Gatal dan Kemerahan? Gunakan Ini!

Pada artikel ini, kita akan kupas tuntas ERHA Skinsitive Ultracalm PRO Multiprpose Calming Cream, yang berfungsi untuk merawat dan menenangkan kulit sensitif!

Alasan Kamu Harus Pakai Clay Mask Untuk Merawat Kulit Berjerawat
Brand Story

Alasan Kamu Harus Pakai Clay Mask Untuk Merawat Kulit Berjerawat

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang kenapa kamu harus coba pakai clay mask untuk merawat kulit yang berjerawat!