logo
Brand Story

Ternyata Ini 5 Faktor Penyebab Pori-Pori Jadi Besar!

Bagikan: image image image
Ternyata Ini 5 Faktor Penyebab Pori-Pori Jadi Besar!

Pernah gak ngalamin lagi pakai make up tapi hasilnya patchy atau malah gak nge-blend dengan baik karena pori-pori terlihat jelas? Alhasil make up jadi gak natural, dan malah bikin gak pede. Hmm, bisa jadi kamu suka melakukan hal-hal yang bisa membuat pori-pori besar seperti ini, nih! 

 

Tentang pori-pori besar 

Pada dasarnya, pori-pori adalah saluran kecil yang terdapat pada kulit manusia yang menjadi bagian dari sistem folikel rambut dan terdiri dari folikel rambut itu sendiri dan kelenjar minyak.  

Pori-pori memiliki dua fungsi utama, yaitu:  

1. Fungsi folikel rambut 

Tempat di mana rambut tumbuh keluar dari kulit dinamakan dengan poros kulit. Setiap folikel rambut, terdapat akan rambut yang menghubungkan rambut dengan folikel tersebut. Nah, rambut tumbuh keluar daru folikel ini saat sel-sel kulit mati menggantung dan menjadi rambut! 

2. Fungsi kelenjar minyak  

Kelenjar minyak atau kelenjar sebaceous terletak pada pori-pori kulit. Kelenjar inilah yang menghasilkan minyak alami kulit yang kerap disebut dengan sebum. Sebum memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari potensi kerusakan akibat faktor eksternal.  

Pada dasarnya, pori-pori kulit tampak seperti lubang kecil pada permukaan kulit dan tidak dapat terlihat dengan jelas dengan mata telanjang. Namun, pada orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak dapat memiliki pori-pori yang lebih besar atau melebar. Selain itu, kotoran, sel kulit mati, dan sebum berlebihan yang mengendap pada pori-pori kulit juga dapat mempengaruhi pori-pori jadi lebih besar.  

 

5 Hal yang bisa bikin pori-pori besar 

  • Kulit berminyak  

Jenis kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori yang besar karena produksi minyak alami kulit atau sebum berlebihan dapat membuat pori-pori tersumbat. Kelenjar sebaceous yang aktif pada kulit berminyak dapat menghasilkan sebum yang lebih banyak, yang kemudian mengisi dan melebarkan pori-pori. 

  • Tanda penuaan 

Seiring bertambahnya usia, salah satu proses penuaan yang terjadi adalah hilangnya kolagen dan elastin pada kulit. Hal ini dapat mengakibatkan kulit kehilangan elastisitasnya dan membuat pori-pori terlihat lebih besar karena kulit tidak sekencang dulu.  

  • Paparan sinar matahari  

Sinar UV (ultraviolet) dari paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mempercepat proses penuaan kulit karena mampu merusak kolagen dan elastin pada kulit. Akhirnya, kulit lebih cepat kehilangan elastisitas dan membuat pori-pori terlihat lebih besar.  

  • Perawatan kulit yang tidak cocok  

Perawatan kulit yang tidak cocok juga dapat menjadi penyebab melebarnya pori-pori! Jika kamu terlalu sering menggunakan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan kondisi dan jenis kulit, apalagi kandungan bahan aktifnya cukup keras, maka berpotensi mengiritasi kulit dan membuat pori-pori menjadi lebih besar. 

  • Komedo dan pori-pori tersumbat  

Komedo adalah benjolan kecil yang muncul dan menyumbat pori-pori. Jika tidak ditangani dengan baik, komedo dapat terinfeksi dan menjadi jerawat. Tidak hanya komedo, sel kulit mati, dan minyak alami kulit juga dapat menyumbat pori-pori dan membuat ukuran pori-pori lebih besar.  

 

Samarkan tampilan pori dengan ERHA Truwhite Brightening Pore Toner 

Masalah pori-pori besar tentu masih bisa diatasi dengan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Pilih produk perawatan kulit yang dapat menyeimbangkan pH kulit wajah dan menyamarkan tampilan pori sekaligus menutrisi kulit wajah seperti ERHA Truwhite Brightening Pore Toner! 

Toner yang satu ini dapat membantu produk perawatan selanjutnya menyerap dengan lebih baik di kulit wajah dengan formula yang ringan, serta mengandung Pore Minimizer yang dapat menyamarkan tampilan pori dengan membersihkan pori-pori hingga bagian terdalam sekaligus mengatasi pori tersumbat, serta mengandung Sebum Regulator yang cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak karena mampu mengontrol minyak wajah dan memberishkan komedo di dalam pori.  

Kandungan bahan aktif yang ada pada toner ini terdiri dari: 

  • Brightening Agent (Niacinamide & TXA): Berfungsi untuk mengurangi tampilan flek hitam, mengurangi produksi melanin yang menyebabkan hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit wajah.  
  • Pore Minimizer (Zinc Gluconate & Willow Bark Extract): Untuk mengurangi ukuran pori kulit, memperbaiki tekstur kulit, mengurangi kadar minyak pada kulit wajah dan bekerja sebagai antibakteri. 
  • Moisturizer (Niacinamide, AHA & PHA): Bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, menghidrasi kulit dan mengurangi kerutan halus pada wajah.  
  • Exfoliating Agent (AHA, PHA, & BHA): Bekerja sebagai eksfoliator yang mengangkat sel kulit mati dan membantu regenerasi kulit wajah.  

Aplikasikan toner menggunakan kapas atau telapak tangan ke seluruh wajah setelah dibersihkan dan biarkan hingga menyerap dengan sempurna. Untuk hasil yang optimal, gunakan toner pada pagi dan malam hari dengan rangkaian ERHA Truwhite lainnya. 

 

Dapatkan seluruh produk ERHA Truwhite di Erha Skincare Official Store di Shopee, Tokopedia, Watsons, Guardian, Boots, dan e-commerce lainnya atau di toko kecantikan terdekat anda. Kunjungi website ERHA Truwhite di sini atau akun resmi instagram di sini untuk info selengkapnya. 

Konten Lainnya

Exfoliator Pad: Kapas Eksfoliasi untuk Acne Prone Skin yang Ampuh Mengangkat Sel Kulit Mati.
Brand Story

Exfoliator Pad: Kapas Eksfoliasi untuk Acne Prone Skin yang Ampuh Mengangkat Sel Kulit Mati.

Kapas eksfoliator ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat, mencegah pembentukan jerawat serta menyamarkan pori-pori. Cek disini untuk tahu lebih lanjut tentang Exfoliator Pad!

Hindari Kebiasaan Ini Kalau Kamu Punya Badan Berjerawat!
Brand Story

Hindari Kebiasaan Ini Kalau Kamu Punya Badan Berjerawat!

Meskipun tak terlihat, keberadaan jerawat di tubuh dapat membuat kita tidak nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Pada artikel kali ini, kita akan bahas seputar jerawat badan! 

WAJIB Punya 3 Skincare Ini Untuk Lawan Tanda Penuaan
Brand Story

WAJIB Punya 3 Skincare Ini Untuk Lawan Tanda Penuaan

Perubahan gaya hidup seperti pola makan, waktu tidur, dan olahraga merupakan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk membalikkan proses penuaan. Sebenarnya apa sih yang dapat menyebabkan kulit kita mengalami penuaan? Bagaimana ya caranya untuk melawan tanda penuaan? Simak artikel berikut ini!