logo
Brand Story

Stop Makanan Ini Kalau Kamu Lagi Jerawatan!

Bagikan: image image image
Stop Makanan Ini Kalau Kamu Lagi Jerawatan!

Pasti sudah pada tahu kan, kalau jerawat bisa ditimbulkan oleh berbagai macam penyebab? Mulai dari ketidakseimbangan hormon tubuh, salah menggunakan produk kosmetik atau skincare, atau bisa juga karena makanan yang dikonsumsi, lho! Agar jerawat mu gak makin parah, simak terus artikel berikut ini karena kita akan spill apa aja sih makanan yang bisa memicu dan memperparah kondisi jerawat! 

 

Apa benar makanan bisa menyebabkan jerawat? 

Sebagian besar orang memahami bahwa makanan yang mengadung coklat dapat menyebabkan jerawat. Padahal faktanya, yang memicu jerawat sebenarnya adalah gula, bukan bubuk coklatnya. Makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi, dan makanan yang diolah dengan kandungan glikemik tinggi inilah yang dapat memicu reaksi berantai yang mendorong timbulnya jerawat. 

Beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sejumlah jenis makanan tertentu dapat menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan makanan tersebut dapat memberikan efek peradangan atau memicu hormon tertentu yang berkontribusi pada perkembangan jerawat.  

Nah, berikut ini adalah 3 jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari ketika kulit sedang jerawatan! 

 

3 Makanan yang wajib kamu hindari saat jerawatan! 

1. Biji-bijian dan gula olahan 

Orang yang memiliki jerawat cenderung lebih sering mengonsumsi makanan dengan olahan karbohidrat yang tinggi. Sebagai contoh; roti, sereal, kue dengan bahan dasar tepung terigu, hingga soda dan berbagai minuman manis. Salah satu studi membuktikan bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi, cenderung berisiko lebih mudah mengalami jerawat. Peningkatan risiko ini dapat disebabkan oleh adanya efek karbohidrat olahan terhadap kadar gula darah dan insulin pada tubuh.  

2. Produk susu 

Khususnya pada remaja, beberapa hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara jumlah produk susu yang dikonsumsi dengan jerawat. Penelitian ini menjelaskan bahwa beberapa produk susu dapat meningkatkan tingkat insulin pada tubuh, yang berdampak pada jerawat. Selain itu, susu sapi juga mengandung asam amino yang merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak IGF-1. Kondisi inilah yang dikaitkan dengan perkembangan jerawat. 

3. Makanan cepat saji 

Cepat dan enak, adalah kunci dari makanan cepat saji. Sayangnya, produk makanan cepat saji seperti burger, nugget, hotdog, kentang goreng, milkshake, atau soda memiliki kandungan kalori, lemak, dan karbohidrat yang sangat tinggi. Beberapa studi penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara makanan cepat saji dan timbulnya jerawat. Pada tahun 2010, sebuah penelitian terhadap lebih dari 5.000 remaja di Tiongkok menemukan bahwa makanan dengan kandungan lemak yang tinggi dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat hingga 43%.  

 

Lalu, bagaimana cara menghindari makanan yang dapat menyebabkan jerawat? 

Tentunya setiap tubuh masing-masing orang memiliki kondisi yang berbeda. Sebagian orang bisa mendapatkan jerawat akibat mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi, namun ada juga sebagian orang yang kulitnya mengalami jerawat hanya ketika stres atau ketika datang bulan. Kunci dari kulit yang sehat, adalah tubuh yang sehat. Tidak ada salahnya kan menjaga pola makan sehat agar tubuh dan kulit tetap terjaga kesehatannya? Nah, ikuti beberapa tips berikut ini, yuk! 

  • Perbanyak makan buah dan sayur segar yang kaya akan vitamin serta antioksidan. Dengan begitu, kulit akan terjaga kesehatannya dan mengurangi ruang bagi makanan yang dapat menyebabkan jerawat. 
  • Kurangi keinginan makan makana manis, dan perbanyak minum air putih. Selain menjaga hidrasi dan kelembapan kulit, minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya juga dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. 
  • Konsumsi makan-makanan yang mengandung Vitamin A alami seperti bayam, wortel, kangkung, pepaya, melon, dan ubi jalar. Fungsinya adalah utuk membantu regenerasi sel kulit, sehingga kulit jadi lebih sehat dan bebas jerawat! 
  • Vitamin C juga penting! Dapatkan kandungan Vitamin C yang cukup dari buah jeruk, brokoli, atau tauge untuk membantu produksi kolagen agar kulit jadi lebih segar dan awet muda. 

 

Rawat Kulit Wajah Tetap Bersih dan Bebas Jerawat dengan ERHA Acneact Oil Free Cleanser! 

 

 

Untuk menjaga kebersihan kulit setiap hari, kamu perlu facial wash atau sabun cuci muka yang tepat. Apalagi untuk kamu yang punya jenis kulit acne prone skin, maka harus lebih teliti memperhatikan kandungan yang ada didalamnya. Daripada salah pilih, lebih baik pilih yang dirancang secara khusus untuk merawat kulit berjerawat seperti ERHA Acneact Oil-Free Acne Control Facial Cleanser!  

Facial wash ini bisa bikin kulit lebih segar dan less oily selama 12 jam dengan 3 manfaat utama, yaitu; membersihkan kulit hingga ke dalam pori, mengontrol produksi minyak berlerbih, dan melawan bakteri penyebab jerawat. Cocok untuk semua jenis kulit, facial wash ini mengandung BHA dan Sulfur yang membantu membersihkan minyak berlebih, melawan bakteri penyebab jerawat, dan membantu mengangkat sel kulit mati serta kotoran yang dapat menyebabkan jerawat! Cobain deh, setelah rutin pakai facial wash ini pada pagi dan malam hari, kulit akan terasa lebih bersih, segar, dan kulit tidak terasa kasar atau tertarik.  

 

Basmi Jerawat dalam 24 Jam dengan ERHA Acneact Acne Spot Gel! 

 

 

Untuk kamu yang sedang mengalami masalah jerawat yang membandel, atau jerawat yang sudah matang dan terasa nyeri, atasi segera dengan ERHA Acneact Acne Spot Gel! Obat totol jerawat yang satu ini dirancang secara khusus untuk melawan bakteri penyebab jerawat, mempercepat proses pengeringan jerawat, sekaligus menyamarkan noda hitam bekas jerawat! 

Kandungan yang ada didalamnya terdiri dari BHA untuk membantu melawan bakteri penyebab jerawat, Sulfur untuk mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat, serta dilengkapi dengan 4% Niacinamide untuk mencerahkan kulit dari noda bekas jerawat. Kecil-kecil cabe rawit, kamu bisa aplikasikan obat totol jerawat ini kapan saja dan dimana saja! Untuk hasil yang optimal, gunakan pada pagi dan malam hari setelah pelembap dan diamkan hingga mengering.  

 

Dapatkan ERHA Acneact Oil-Free Cleanser dan Acne Spot Gel di toko kecantikan dan e-commerce pilihanmu! Kunjungi instagram kami di @erha_acneact dan website kami di www.erhaskincare.co.id untuk informasi lebih lanjut. 

 

Konten Lainnya

Merawat Rambut Rusak Akibat Coloring Rambut dengan Rangkaian ERHAIR
Brand Story

Merawat Rambut Rusak Akibat Coloring Rambut dengan Rangkaian ERHAIR

Rambut yang diwarnai harus diberikan perawatan yang lebih intens untuk mencegah terjadinya kerusakan rambut. Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana sih cara merawat rambut yang rusak akibat coloring? Yuk, simak terus, ya! 

Ciri-Ciri Rambut Rusak: Kering, Mudah Patah, dan Bercabang
Brand Story

Ciri-Ciri Rambut Rusak: Kering, Mudah Patah, dan Bercabang

Siapa saja dapat mengalami kerusakan rambut jika tidak dicegah dan ditangani dengan baik. Untuk itu, kamu harus kenali dulu jenis rambut yang kamu miliki dan masalah rambut yang sedang dihadapi. Pelajari lebih lanjut di artikel ini!

HISERHA, Brand Skincare Lokal yang Paling Tahu Soal Pria!
Brand Story

HISERHA, Brand Skincare Lokal yang Paling Tahu Soal Pria!

Baik pria maupun wanita, perawatan kulit itu penting. Bagaimana tidak, jika tidak dirawat dengan baik berbagai masalah kulit bisa timbul dan tidak hanya menurunkan kepercayaan diri tapi juga mengganggu kenyamanan seseorang dalam beraktivitas. Menyambut bulan Ramadhan tahun ini, kali ini kita akan membahas seputar perawatan skincare yang paling cocok untuk pria dari HISERHA!