logo
Brand Story

Kapan Reaksi Kulit Sensitif Bisa Kambuh

Bagikan: image image image
Kapan Reaksi Kulit Sensitif Bisa Kambuh

Reaksi kulit sensitif adalah respon kulit terhadap berbagai zat atau faktor eksternal yang terpapar oleh kulit. Reaksi kulit sensitif dapat dialami oleh semua jenis kulit, terutama jenis kulit sensitif. Pada artikel kali ini, kita akan bahas seputar apa itu reaksi kulit sensitif dan kapan momen reaksi kulit sensitif bisa kambuh?  

 

Ciri-ciri reaksi kulit sensitif  

  • Kemerahan 

Kemerahan merupakan salah satu ciri-ciri reaksi kulit sensitif yang paling sering ditemukan sebagai respon kulit terhadap beberapa zat tertentu. Tidak hanya kulit wajah, kemerahan juga dapat muncul di area kulit tubuh lainnya yang disertai rasa gatal atau panas. 

  • Gatal 

Sensasi gatal atau terbakar pada kulit sering kali dialami orang-orang yang mengalami reaksi kulit sensitif. Jika digaruk, justru kulit akan tambah merasa gatal dan bisa mengakibatkan iritasi kulit.  

  • Kulit kering 

Reaksi kulit sensitif juga dapat ditandai dengan tekstur kulit yang kering. Ketika kulit dalam kondisi kering, maka kulit akan lebih rentan mengalami reaksi kulit lainnya. 

  • Pembengkakan atau bengkak 

Pada beberapa kasus tertentu, reaksi kulit sensitif dapat terlihat dari munculnya pembengkakan di area yang mengalami reaksi, seperti wajah atau mata. Kondisi ini bisa menjadi respon terhadap alergi atau reaksi inflamasi pada kulit sensitif. 

  • Jerawat 

Nah, jerawat juga bisa menjadi ciri-ciri reaksi kulit sensitif, lho! Biasanya disebabkan oleh penggunaan produk yang tidak cocok atau mengandung bahan iritan sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.  

 

Kapan momen reaksi kulit sensitif bisa kambuh?  

Reaksi kulit sensitif dapat muncul kapan saja, dan dimana saja. Apalagi bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, maka harus lebih waspada dan berhati-hati dalam memilih perawatan kulit. Tentunya, pemicu kambuhnya reaksi kulit sensitif bisa berbeda-beda setiap individu. Nah, berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat memicu timbulnya momen reaksi kulit sensitif:  

1. Menggunakan produk yang mengandung bahan kimia atau zat iritan tertentu  

Penggunaan produk perawatan kulit atau kosmetik yang mengandung bahan kimia seperti pewangi, paraben, alkohol, atau pewarna, dapat menjadi penyebab utama dari timbulnya momen reaksi kulit sensitif. Contohnya, shampoo dengan pewangi yang kuat, sabun yang mengandung deterjen agresif, atau produk skincare yang mengandung alkohol.  

2. Perubahan musim atau lingkungan 

Tahukah kamu, udara yang terlalu kering atau dingin, sinar matahari yang kuat, hingga polusi udara juga dapat memicu timbulnya reaksi kulit sensitif? Hal ini dikarenakan perubahan musim atau lingkungan dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan pecah-pecah sehingga rentan mengalami reaksi kulit sensitif.  

3. Stres yang tidak dikelola dengan baik  

Selain faktor eksternal, timbulnya reaksi kulit sensitif juga dapat disebabkan oleh faktor internal seperti stres yang berlebihan dan tidak dikelola dengan baik. Bisa dari stres akibat pekerjaan, kehidupan pribadi, maupun terjadinya peristiwa penting dalam hidup, stres dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya reaksi kulit sensitif.  

4. Menggunakan produk yang tidak sesuai  

Khususnya untuk jenis kulit sensitif, produk perawatan kulit yang dipakai tidak boleh sembarangan. Pastikan untuk selalu membaca bahan kandungannya agar dapat dipastikan bahannya aman digunakan dan tidak memicu timbulnya reaksi kulit sensitif. 

 

ERHA Skinsitive, Skincare Terpercaya Untuk Merawat Kulit Sensitif! 

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit sensitif, maka harus lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit. Jenis kulit sensitif juga cenderung memiliki tipe kulit yang lebih kering, sehingga penting untuk memilih produk perawatan yang juga dapat memberikan kelembapan ekstra bagi kulit.  

 

  • ERHA Skinsitive Ultracalm Face Wash 

 

 

Sabun pembersih wajah ini sangat cocok digunakan jenis kulit sensitif karena bersifat hypoallergenic dan pH yang seimbang. Mampu membuat kulit wajah terasa lembut dan lembap, sabun wajah ini bekerja secara efektif dalam mengangkat sel kulit mati, menenangkan kemerahan pada kulit yang teriritasi ringan, serta menjaga kelembapan alami kulit. Kandungan yang ada didalamnya terdiri dari PHA yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, serta Aloe Vera Extract & Licorice Extract untuk menenangkan kemerahan pada kulit yang teriritasi ringan. Tidak hanya itu, sabun pembersih wajah ini juga dilengkapi dengan Panthenol, Zinc PCA & AQUXYL yang bertugas menjaga kelembapan alami kulit.  

 

  • ERHA Skinsitive Ultracalm Face Toner 

 

 

Toner adalah skincare yang direkomendasikan untuk digunakan setelah membersihkan wajah, dengan tujuan untuk mempersiapkan kulit menerima produk skincare selanjutnya. Khususnya untuk toner yang satu ini, berfungsi untuk menenangkan kulit akibat iritasi ringan, memberikan kelembapan ekstra 2x lipat pada kulit, menjaga kesehatan skin barrier, serta membuat kulit langsung nyaman seketika! Kandungan bahan aktif yang ada di dalam toner ini terdiri dari 7 Natural Soothing Agents untuk menenangkan kulit kemerahan akibat iritasi, serta Double Hyaluronic Acid & Ceramide untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit dan menjaga fungsi pertahanan kulit (skin barrier). Aplikasikan toner menggunakan kapas atau telapak tangan ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan pada pagi dan malam hari untuk hasil yang optimal! 

 

  • ERHA Skinsitive Ultracalm Face Serum 

 

 

Step selanjutnya adalah serum! Serum wajah yang satu ini aman digunakan untuk jenis kulit sensitif karena bersifat hypoallergenic dan bebas alkohol. Mampu menenangkan kulit kemerahan dan gatal dalam 5 menit, serum ini juga mampu memperkuat fungsi pertahanan kulit (skin barrier) serta memberikan kelembapan yang optimal pada kulit. 

Serum ini mengandung 3x Barrier Action (5% STIMU-TEX) yang berfungsi untuk memperkuat pertahanan kulit, mengurangi rasa gatal, dan menenangkan kulit yang teriritasi ringan. Tidak hanya itu, serum ini juga diperkaya dengan 5% Panthenol, Hyaluronic Acid, Vitamin E, Natto Gum & Neem Leaf Extract yang berperan untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit. 

 

  • ERHA Skinsitive Ultracalm Skin Barrier Moisturizer 

 

 

Langkah penutup dari rangkaian skincare untuk merawat kulit sensitive adalah pelembap atau moisturizer! Produk ini menjadi salah satu produk penting yang tidak boleh kamu lewatkan, karena berfungsi untuk memperkuat skin barrier, menenangkan kulit yang teriritasi, mengunci semua kandungan skincare yang telah diaplikasikan sebelumnya, sekaligus memberikan kelembapan ekstra pada kulit.  

Moisturizer ini mengandung Ceramide Complex sebagai 4 Barrier Defense System yang bertugas untuk memperbaiki dan memperkuat skin barrier, memberikan kelembapan, serta menstimulasi produksi alami Ceramide pada kulit. Pelembap ini juga dilengkapi dengan kandungan Allantoin, Panthenol, Niacinamide, Shea Butter, Squalane & 5 Natural Extracts yang membantu menenangkan kemerahan akibat iritasi ringan, serta memberikan kelembapan ekstra bagi kulit.  

 

 

Dapatkan seluruh produk ERHA Skinsitive Ultracalm Series di toko kecantikan terdekat atau e-commerce favoritmu. Kunjungi website kami di https://erhaskincare.co.id/about/erha-skinsitive atau instagram kami di @erha_skinsitive untuk info selengkapnya.  

Konten Lainnya

Cegah Momen Kulit Sensitif Kambuh dengan Rangkaian ERHA Skinsitive!
Brand Story

Cegah Momen Kulit Sensitif Kambuh dengan Rangkaian ERHA Skinsitive!

Bingung harus ngapain ketika kulit sensitif lagi kambuh? Simak artikel ini yuk!

Hidrasi Kulitmu Agar Lebih Cerah dan Glowing di Tahun Baru dengan Truwhite Brightening Milky Essence
Brand Story

Hidrasi Kulitmu Agar Lebih Cerah dan Glowing di Tahun Baru dengan Truwhite Brightening Milky Essence

Kulit cerah dan glowing di tahun baru, dengan ERHA Truwhite Brightening Milky Essence!

Penting! Perbedaan Day & Night Cream yang Wajib Kamu Ketahui
Brand Story

Penting! Perbedaan Day & Night Cream yang Wajib Kamu Ketahui

Walaupun sama-sama melembapkan, day cream dan night cream memiliki fungsi yang berbeda. Pelajari, yuk!